Kota Bima,  Secara Geografis Pulau Sumbawa berada diantara dua destinasi super prioritas nasional yaitu Labuan Bajo dan KEK Mandalika Lombok. Dalam menyambut perhelatan Moto GP 2021 yang akan dilangsungkan di Pulau Lombok, sejumlah daerah yang ada di Pulau Sumbawa berpacu untuk memperkenalkan potensi wisata dan elemen pendukung lain yang ada didaerah masing masing. Tidak terkecuali Kota Bima.

Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga(Disparpora) coba menangkap peluang ini untuk menggencarkan promosi potensi wisata yang ada di dalamnya.

inilah dua hal yang dilakukan Disparpora dalam menggencarkan promosi wisata.

1.Membentuk Tim Kreatif Sebagai Content Creator

“Kami sudah membentuk team kreatif  dibawah Bidang Pemasaran wisata dan ekonomi kreatif Disparpora Kota Bima. Team ini akan mengisi konten kanal kanal resmi media sosial dan website Disparpora Kota Bima dengan konten konten yang menarik dan tematik.” Ungkap Drs H Zulkifli, M.Ap,  Kadis Parpora Kota Bima yg baru.

Lebih lanjut H. Zulkifli menjelaskan, hari ini kanal-kanal media sosial dan website tersebut sudah mulai dilaunching dengan tema awal “Semua tentang Kopi Lokal“.

Drs H Zulkifli, M.Ap | Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Bima

“Jadi setiap bulan temanya itu beda beda. Kalau bulan Januari kami akan membahas semua hal tentang kopi lokal. Mulai dari sejarahnya, kedai kedai kopi yang ada di Kota Bima serta menu menu spesial yang mereka suguhkan.” Lanjut haji Zul.

Menurutnya, kendati saat ini Kota Bima hanya sebagai tempat persinggahan saja bagi para wisatawan yang dari atau menuju Labuan Bajo dan Lombok, dengan adanya promosi yang akan dilakukan secara massive, continue dan konsisten tentang potensi wisata melalui chanel promosi digital oleh Disparpora Kota Bima, wisatawan punya acuan dan pilihan hingga bisa memprogramkan tambahan waktu untuk tinggal di Kota Bima.

“Kalau Length of stay wisatawan itu lebih lama, maka perputaran uang di Kota Bima akan bertambah. Jika perputaran uang bertambah, maka pendapatan masyarakat dan PAD pun akan meningkat”,  jelasnya lebih jauh.

 

2. Menciptakan Branding Promo dan Hastag #

Kabid Pemasaran wisata dan ekonomi kreatif Disparpora Kota Bima, Buana Eka Putra, Sst.Par berharap agar para pelaku wisata dan masyarakat Kota Bima juga ikut mendukung program promosi digital Pariwisata Kota Bima ini dengan merepost atau memposting potensi Kota Bima ke group group pariwisata yang ada di Indonesia.


Buana Eka Putra, Sst.Par | Kabid Pemasaran wisata dan ekonomi kreatif Disparpora Kota Bima

“Kedepan kami akan membuat satu branding promo dan hastag untuk Pariwisata Kota Bima. Jika itu sudah ada nanti kita bisa sama sama promo dengan hastag yang sama” pungkasnya.

Sumber : Dinas Pariwisata Kota Bima

Bagikan :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *