Perindustrian Propinsi NTB Turunkan Tim, Maksimalkan Kebutuhan Kerjasama BUMD Kota Bima – Penajam Kaltim

Kota Bima – Halo Bima. Menindaklanjuti Kunjungan Bisnis, Perumda ‘Benuo Taka’ Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Propinsi Kalimantan Timur ke Kota Bima seminggu yang lalu. Beberapa point’ kemitraan bisnis pun dibicarakan serius dengan Perumda Aneka Usaha – Kota Bima NTB.

Perumda Bima Aneka, terus memaksimalkan komunikasi dengan berbagai pihak dalam rangka memenuhi permintaan Perumda ‘Benuo Taka’, wabil khusus, Produk-produk UMKM atau produk olahan pangan yang memang dibutuhkan di daerah Calon Ibu Kota Negara itu.

Pemerintah Propinsi NTB, melalui Dinas Perindustrian NTB turut mengambil dukungan peran dalam memaksimalkan kualitas produk dan kemasan produk. “Hari ini kami melakukan kunjungan di Rumah-rumah Produksi UMKM Kota Bima yang produknya mendapatkan permintaan dari daerah Penajam Paser Utara Kaltim” Ungkap, Helmi, Tim dari Perindustrian Propinsi NTB.

Ridho, dari bidang Industri Kreatif, Sandang dan Kerajinan yang juga bagian dari Tim menuturkan bahwa kebutuhan kuantitas dan kualitas produk, selain karena ketersediaan dan mutu bahan baku dan higenisitas, juga ditentukan oleh alat atau instrument produksi. “Kami diperintahkan untuk melihat langsung rumah produksi UMKM untuk mengetahui kemampuan produksi, apakah akan mampu memenuhi atau tidak, identifikasi kendala dan apa saja prioritas kebutuhannya”. Jelasnya, disela-sela kunjungan ke Rumah Produksi Abon Tuna Khen Jaya Food – Kel Kolo Kota Bima siang tadi.

Sementara itu, Julhaidin, Selaku direktur Perumda Bima Aneka – Kota Bima mengapresiasi dukungan propinsi NTB dalam hal ini Dinas Perindustrian NTB yang telah berinisiatif mengambil peran dukungan dalam kerjasama Kemitraan antara BUMD Kota Bima dan BUMD Penajam Paser Utara.

“Kami sangat senang, Perindustrian Propinsi NTB ikut men-Support kami melalui identifikasi kebutuhan prioritas Rumah-Rumah Produksi UMKM Kota Bima yang produknya diharapkan beredar luas di Penajam melalui BUMD ‘Benuo Taka’. Dengan ini, jumlah produk yang diminta akan mudah dipenuhi” Ungkapnya lelaki gondrong yang baru saja di Lantik sebagai direktur BUMD Kota Bima pada, 15 Maret yang lalu.

Seperti yang disampaikan sebelumnya, saat kunjungan Bisnis BUMD Kab Penajam Paser Utara (PPU) Kaltim di Kota Bima pada 26 dan 27 Maret yang lalu, Pemerintah kab PPU yang dipimpin oleh Sekda PPU, dan ikut serta didalamnya, Direktur Perumda ‘Benuo Taka’, Heriyanto dan rombongan pejabat teras Kab PPU lainnya. Bahwa, BUMD Kab PPU membuka diri untuk Perumda Bima Aneka Kota Bima dalam mencukupkan kebutuhan komoditi pangan dan komoditi HHBK (Hasil Hutan Bukan Kayu) untuk masyarakat PPU saat ini, seperti Bawang Goreng Bima, Daging Sapi Bima, Madu, Kacang Mente, Abon Tuna, Kopi, kemiri dan jahe.

Kadis Perindustrian Propinsi NTB, Nuryanti, SE, ME yang dihubungi oleh media ini sore tadi, mengapresiasi Kerjasama yang dibangun oleh BUMD Kota Bima dan BUMD Penajam Paser Utara Kaltim. Untuk itu, Dinas perindustrian provinsi NTB menurunkan tim utk memastikan bahwa IKM-IKM Kota Bima, siap untuk itu. Baik dari sisi legalitas kelembagaan dan standarisasi produk serta memastikan ekosistim industri nya terpetakan.

” Iya, kemarin Tim berangkat ke Kota Bima untuk itu. Jadi tim turun untuk pendampingan agar IKM-IKM Kota bima lebih siap lagi dan kerjasama tersebut, harapan saya, dapat berjalan baik dan berkelanjutan. BUMD nya pun memiliki peran strategis yg harus juga di support” Ungkapnya bangga.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *