Kapal Ferry Gandha Nusantara Akan Beroperasi di Teluk Bima

Kabupaten Bima – Halo Bima. Sebuah kabar baik datang dari Kades Kananta Kecamatan Soromandi, Aidin Abdullah. Melalui wartawan Halo Bima, Senen (05/04), Aidin menyampaikan bahwa saat ini satu unit kapal penyeberangan dalam teluk telah tiba di Pelabuhan Pelindo III Bima untuk melayani rute penyeberangan Pelabuhan Pelindo Bima – Pelabuhan Nggeri Desa Kananta.

Kapal bantuan Kementerian Perhubungan RI tersebut memiliki kapasitas penumpang 60-70 orang dengan panjang kapal 24 meter dan lebar 7 meter.

“Ini bukan untuk Desa Kananta saja ya. Ini untuk melayani kebutuhan seluruh warga Kecamatan Soromandi. Kalau di desa lain sudah ada pelabuhan yang layak, kapal ini akan berlabuh secara bergilir”, jelas Aidin.

Dengan adanya bantuan kapal ferry ini, Aidin berharap akan berdampak pada peningkatan mobilitas ekonomi warga Kecamatan Soromandi. Karena dengan kapasitas kapal yang lebih besar ini, bisa memuat lebih banyak orang dan barang. Begitupun dengan jarak tempuh dan waktu tempuh yang akan menjadi lebih singkat.

“Peningkatan ekonomi masyarakat pasti akan terjadi. Kapal ini menjawab tantangan pembangunan ekonomi wilayah soromandi,” ucapnya yakin.

Selain akan ada peningkatan ekonomi di bidang pertanian dan perdagangan, kapal ini juga diharapkan bisa menunjang daya jual objek wisata yang ada di Desa Kananta yaitu Situs Wadu Pa’a.

“Apalagi nanti kita punya rencana untuk memperbaiki dermaga yang ada di Wadu Pa’a agar layak untuk sandar kapal ini. Karena memang kalau musim selatan mau tidak mau kapal ini akan bersadar di teluk wadu paa untuk menghindari badai”, lanjut Aidin.

Untuk mempercepat proses pembuatan dermaga, Aidin mengaku sudah mendapat komitmen dari pemerintah untuk membantu menyiapkan itu semua.

HLB-02

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *