Raker MASATA NTB, Program Kemitraan Dengan Lembaga Internasional Akan Digalakkan

Kota Bima – HaloBima. Sebanyak 23 Pengurus DPD dan pengurus DPC Masata di NTB menggelar Rapat Kerja online, Rabu 7 April 2021.

Dalam pemaparan awal, Ketua DPD NTB, Askar Dg Kamis menyampaikan, bahwa untuk periode awal kerja kepengurusan DPD Masata NTB akan difokuskan pada kerja kerja jaringan agar bisa membantu program Masata yang ada di 3 DPC di NTB.

Di bidang Capacity Building, DPD Masata NTB telah membangun komunikasi awal dengan UNWTO dan Google untuk memberi pelatihan untuk peningkatan kapasitas pelaku pariwisata di tingkat desa dan kelurahan.

“Untuk peserta pelatihan nanti sasaran kita adalah kelompok wisata dan pokdarwis yang ada di tiap desa dan kelurahan. Namun kita akan membuka pelatihan itu terbuka untuk umum guna menjaring siapa saja yang berminat”, jelas Askar.

Program selanjutnya adalah Pemasaran Produk Wisata. Untuk pemasaran produk wisata, DPD Masata NTB telah membangun komunikasi dengan marketplace produk wisata BnB, juga beberapa marketplace yang menjadi mitra Gapura Digital Google selama ini.

“Kami juga sudah membangun komunikasi yang baik dan sudah berlangsung lama dengan Traveloka dan Trava. Nanti kl DPC Lombok Tengah, DPC Sumbawa atau DPC Bima mau laksanakan Raker, kita undang salah satu mitra ki ta untuk ikut dalam rakernya”, imbuh Askar.

Pada kesempatan itu, Ketua DPC Masata Kota Bima memperkenalkan sejumlah tenaga ahli yang ada dalam kepengurusan Masata Kota Bima. Untuk urusan Even Pariwisata, Khairunnisa, S.S, M.Par, Wakil Ketua Masata siap berkolaborasi dalam Pokja dan program DPD Masata NTB.

Di bidang marketing dan IT, Agil Balubu sebagai Kabid Media Informasi dan Humas dan juga owner perusahaan IT Saferomedia, siap berkolaborasi dengan Google dan marketplace mitra Masata.

Di bidang CHSE, Kabid Litbang, Zainal Abidin, M.H.Kes dan Kabid CHS, Ismiatun Iskandar, M.PH, C.Ht, CHRNLP, juga siap berkolaborasi dengan program program mitra Masata NTB.

Dan untuk Design Produk Pariwisata, baik di obyek maupun desa/kelurahan, Masata Kota Bima juga punya seorang arsitek di bidang Litbang yaitu Fitri, S. Ars.

Pada kesempatan itu pula Ketua DPC Masata Kota Bima meminta kerjasama dengan DPC Masata Lombok Tengah, agar jelang even MotoGP ini bisa ikut mempromosikan paket-paket wisata yang ada di Kota Bima.

“Untuk paket paket City Tournya kami sudah buatkan, tinggal nanti paket paket lain yang akan dikombinasikan dengan produk yang ada di Kabupaten Bima”, jelas Ihsan.

Untuk merumuskan dan mensukseskan program program di atas, DPD Masata NTB akan membentuk Pokja sesuai kebutuhan. Pokja ini terdiri dari utusan dari tiap DPC Masata yang sudah terbentuk.

*San Alexa

Bagikan:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *