Creative Meeting, Disparpora Kota Bima Tampung Aspirasi Penggiat Pariwisata

Kota Bima – Halo Bima.  Sebagai salah satu bidang yang menjadi prioritas pembangunan Kota Bima, pengembangan menuju Kota Bima sebagai destinasi wisata nasional kini terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Bima.

Senen 12 April 2021, Disparpora Kota Bima mengundang sejumlah penggiat pariwisata dalam Creative Meeting yang digelar di Suhendar Coffee, mulai pukul 15.00 hingga 18.00 wita.

Dalam sambutannya, Kepala Disparpora Kota Bima , Ir. H. Zulkifli, M.Ap berharap agar pertemuan tersebut bisa melahirkan ide-ide baru yang revolusioner dalam pengembangan destinasi wisata Kota Bima.

“Saya berharap agar dalam diskusi yang digelar kali ini bisa melahirkan ide ide untuk pengembangan destinasi wisata Kota Bima, dan meningkatkan promosi serta minat wisatawan ke Kota Bima”, ungkapnya.

Menyambung harapan Kadisparpora tersebut, sejumlah masukan dari para penggiat pariwisata Kota Bima pun muncul dalam dua sesi yanh dibuka oleh moderator acara.

Akademisi Sekolah Tinggi Pariwisata (STIPAR) Soromandi yang juga warga Kelurahan Dara, Feriyadin, S.Par, .M.Par, menyampaikan bahwa, perlu adanya upaya edukasi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat Kota Bima tentang manfaat pariwisata bagi pertumbuhan ekonomi dalam kehidupan mereka. Ia juga menyoroti tentang bagaimana cara merubah paradigma masyarakat dalam memahami tentang bahaya covid19 serta bagaimana menyiasatinya dalam dunia pariwisata.

Sementara itu Rizal Monggo dari This is Bima mengusulkan untuk segera menghidupkan organisasi Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) yang menjadi ujung tombak pelayanan wisatawan di lapangan. Ia juga mengusulkan perlunya menyelenggarakan event besar yang melibatkan Kota dan Kabupaten Bima guna mendongkrak kunjungan wisatawan ke Kota Bima.

Senada dengan Rizal Monggo, Dewi Ratna Muhlisah, yang merupakan pengurus Museum Samparaja sekaligus penggiat sejarah dan budaya bima. Menyatakan siap mendukung jika seandainya Pemerintah Kota Bima menyelenggarakan event nasional, dengan mempromosikannya di Forum Kesultanan Indonesia.

Begitupun dengan guide populer Bima yang juga seorang selebgram pariwisata bima, Sisi Timur. Akan bersedia menghubungkan Disparpora Kota Bima dengan para Vlogger dan Youtuber nasional kenalannya, untuk membantu promosi pariwisata Kota Bima.

“Dengan adanya peningkatan promosi pariwisata Kota Bima melalui IG dan FB saat ini saja sudah sangat kami apresiasi” pungkas Sisi Timur.

Kegiatan ini merupakan kegiatan Creative Meeting pertama yang digelar Disparpora Kota Bima. Rencananya kegiatan serupa akan rutin digelar dalam tahun ini.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *