Pendiri Kota Bima Tutup Usia, Selamat Jalan H Umar Abubakar

Kota Bima. H Umar Abubakar tutup usia sore tadi sekitar pukul 15.35 meninggalkan kita semua. Pria yang biasa disapa Aba Uma itu disemayamkan di rumah duka kawasan Pondok Pesantren Al Husaini Kota Bima. Berdasarkan informasi yang media ini peroleh, diketahui beliau meninggal karena penyakit diabetes yang telah lama diidapnya.

H. Umar Abubakar, Mantan Wakil Walikota Bima Juga Pendiri Kota Bima. (Foto : facebook)

Jasa beliau untuk Kota Bima ini sangat besar. Aba Uma merupakan salah satu tokoh di balik pembentukan Kota Bima. Perjuangan panjang beliau bersama rekan-rekannya waktu itu akhirnya membuahkan hasil. Pada tahun 2002 melalui amanat Undang-undang Nomor 13 tahun 2002 terbentuklah Kota Bima dari hasil pemekaran Kabupaten Bima.

Baca Juga : Jendral Farouk Muhammad Meninggal, Bima Kehilangan Salah Satu Putra Terbaik

Salah seorang putra Almarhum, Dedi Mawardi yang merupakan Ketua Dewan Kesenian Kota Bima menceritakan kepada media ini betapa perjuangan pemekaran Kota Bima kala itu menguras tenaga waktu dan pikiran. Di rumah mendiang Aba Uma juga segala keperluan administrasi disiapkan. Dedi juga menyampaikan bahwa dirinyalah yang merancang desain logo Kota Bima,

“logo kota bima juga didesain di rumah aba juga” ujarnya sambil memperkenalkan filosofi logo Kota Bima.

Selain tokoh pembentukan Kota Bima, Aba Uma juga merupakan Wakil Walikota Bima pertama dari hasil pemilihan langsung yang berpasangan dengan HM. Nor Latif pada tahun 2003-2008. Selama menjabat, beliau banyak memberikan perubahan yang berarti dan sangat berkesan untuk generasi penerus Daerah ini.

Semoga Aba Uma mendapat tempat terbaik di Sisi-Nya. H Umar Abubakar tutup usia, Selamat Jalan Hero.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *