Kepala KCD Bima Apresiasi Batik Mantika Karya SMKN 3 Kota Bima

Peragaan Batik Mantika karya SMKN 3 Kota Bima
Peragaan Batik Mantika karya SMKN 3 Kota Bima

Kota Bima. Bertepatan dengan Perayaan Hari Batik Nasional yang ditetapkan setiap tanggal 02 Oktober, SMKN 3 Kota Bima kembali mempersembahkan karya monumental yaitu Launching Batik Mantika karya SMKN 3 Kota Bima yang memiliki motif mbojo.   

Kegiatan launching Batik Mantika tersebut dilangsungkan di halaman sekolah pada hari sabtu( 2/10), dihadiri oleh sejumlah Kapala Sekolah SMK/SMA se-Kota Bima, Pengawas-pengawas sekolah, dan juga Kepala KCD Bima, Drs. Anwar SH. M. Si.

Baca juga :

Kepala KCD dalam sambutannya, menyampaikan rasa bangganya terhadap pergelaran ini. Dirinya sangat mengapresiasi karya luar biasa dari SMKN 3 Kota Bima ini.

“tidak banyak Sekolah yang merayakan hari Batik Nasional, tapi SMKN 3 Kobi Malah melakukan perayaan dengan suatu terobosan yang cerdas. saya sangat apresiasi dan mendukung progres yang dilakukan Oleh kepala SMK3. Batik Mantika satu satunya di NTB, dan SMKN 3 Kobi sudah mampu menunjukan eksistensi nya sebagai sekolah karawi” Ujarnya.

kepala KCD Bima, Drs. Anwar.(Foto/ Garda Asakota)
kepala KCD Bima, Drs. Anwar.(Foto/ Garda Asakota)

Selain itu, Anwar juga mengapresiasi pelaksanaan launching yang senantiasa mematuhi protokol covid-19. “jika setiap kegiatan taat prokes seperti ini, pasti penyebaran covid bisa terus ditekan dan kegiatan tetap bisa digelar” ungkapnya.

Baca Juga :

Di lokasi yang sama, Kepala SMKN 3 Kota Bima, Jainuddin, S. Pd menjelaskan bahwa Batik Mantika adalah batik yang menunjukan identitas keaslian suku Mbojo, dengan 3 motif utama yaitu Motif Bunga Satako, Cila Mboko, dan Uma Lengge.

“Batik Mantika produksi kami ini tidak sekadar kostum semata, akan tetapi ada makna dan nilai filosofi yang tinggi dalam tiap simbol yang ada”

Lebih lanjut kepala sekolah asal ambalawi itu menyampaikan, bahwa Batik Mantika ini merupakan  pelengkap karya lain yang telah dihasilkan oleh siswa-siswi SMKN 3 Kota Bima. Dirinya berharap kedepannya Batik Mantika dapat di terima oleh masyarakat.

Jainuddin,Kepala SMKN 3 Kota Bima
Jainuddin,Kepala SMKN 3 Kota Bima

“Semoga ini bisa diterima oleh masyarakat, dan dengan ini juga kami meyakinkan masyarakat bahwa lembaga yang tepat untuk menempuh pendidikan adalah SMKN 3 Kota Bima atau sekolah karawi” tutupnya.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *